Manfaat Daun Sirsak Dan Buah Sirsak

11.54 0 Comments

Jika berbicara mengenai tips kesehatan dan kecantikan, maka sebenarnya ada banyak sekali cara-cara alami yang memiliki khasiat jauh lebih hebat dibandingkan obat modern yang dibuat dengan dengan bahan sintetis. Kuncinya mungkin hanya pada kesabaran dan ketelatenan dalam melakukan perawatan alami tersebut. Seperti yang akan saya sampaikan kali ini, yaitu mengenai manfaat daun sirsak dan buah sirsak. Anda semua mungkin pernah mendengar jika daun sirsak berkhasiat untuk membantu mengatasi beberapa penyakit berbahaya, atau membaca artikel yang mengatakan jika buah sirsak sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tapi apakah benar seperti itu? Darimana dasar klaim tersebut? Mari kita membahasnya lebih dalam.

Khasiat Daun Sirsak

Sebelum berita mengenai khasiat daun sirsak yang sangat luar biasa bagi kesehatan menyebar luas di masyarakat, dan sebelum berbagai laboratorium di seluruh dunia mencoba untuk meneliti dan membuktikan rumor tersebut, suku-suku Indian di pedalaman hutan Amazon telah memanfaatkan daun sirsak dalam pengobatan tradisional mereka sejak ratusan tahun lalu. Beberapa penyakit yang biasa mereka obati dengan ramuan daun sirsak antara lain adalah masalah liver (hati), batuk, rematik, kejang-kejang, radang sendi, dan nyeri syaraf (neuralgia).

manfaat daun sirsak

Faktanya, berdasarkan data penelitian, daun sirsak diketahui memiliki banyak kandungan senyawa alami aktif yang dikatakan bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa diantaranya seperti anopentosin A, anopentosin B, anopentosin C, murikatosin B, murikapentosin, murikatosin acetogenin A, anomurisin E, dan acetogenin. Kandungan ini didapatkan dari kolaborasi penelitian antara peneliti dari Fakultas Biologi ITB yang bernama Prof. Solaksono Sastrodiharjo dengan Dr. Jerry McLaughlin, seorang ahli farmasi dari Amerika Serikat.
Beberapa pemanfaatan daun sirsak yang paling umum dipraktekan untuk pengobatan dan dipercaya memberikan hasil yang nyata antara lain untuk membantu mengobati beberapa jenis kanker, mengobati luka lambung dan penyakit maag, membantu mengatasi sakit punggung, serta mengobati rematik dan eksim.

Khasiat Buah Sirsak

Buah sirsak sudah sejak lama digunakan sebagai bahan campuran atau pembuat berbagai olahan makanan dan minuman. Hal ini bukan hanya karena buah sirsak memiliki aroma dan rasa yang khas, namun juga karena buah sirsak diketahui memiliki kandungan gizi yang bisa dikatakan luar biasa. Khasiat buah sirsak bagi kesehatan tubuh juga sangat banyak, dan hal ini telah dikonfirmasikan oleh beberapa hasil penelitian ilmiah yang pernah dilakukan. Dalam pengobatan tradisional, biasanya buah sirsak dimanfaatkan sebagai cara mengobati diare, mencegah osteoporosis, mengobati demam, meredakan asam urat, menghancurkan batu empedu, dan mengatasi diabetes.

manfaat buah sirsak

Data penelitian menunjukkan jika buah sirsak mengandung beberapa zat gizi utama yang penting bagi tubuh, serta berbagai mineral, vitamin, dan senyawa fitokimia yang tidak saja baik untuk kesehatan, namun juga bermanfaat untuk menjaga kecantikan. Kandungan-kandungan tersebut antara lain adalah karbohidrat, serat alami, zat besi, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, annonain, muricine, muricinine, tannin, acetaldehyde, ananol, dan anomurine.

Mengobati Mencret Pada Bayi
Ambil daging buah sirsak yang sudah masak, peras dan saring untuk diambil sarinya saja (cukup 2-3 sdm), lalu minumkan pada bayi yang sedang bermasalah.

Mengobati Ambeien
Caranya sama seperti diatas, yaitu dengan memeras dan menyaring daging buah sirsak untuk diambil sarinya saja (1 gelas). Minum sari buah sirsak ini 2 kali sehari pada waktu pagi dan sore hari, masing-masing sebanyak 1 gelas.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun pengobatan tradisional dengan memanfaatkan daun sirsak dan buah sirsak telah lama dipraktekkan secara turun-temurun, namun secara uji ilmiah, khasiat daun sirsak dan buah sirsak belum pernah di-ujicobakan langsung ke manusia. Selama ini penelitian yang telah dilakukan baru pada hewan laboratorium dan tabung kultur. Jadi sangat disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu jika ingin menggunakan daun sirsak ataupun buah sirsak untuk mengobati penyakit-penyakit yang serius.

reza pahlevi

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard. Google

0 komentar: